Kini, Transfer Uang dan Cek Saldo Bisa via BBM

Jika kita sudah terbiasa transfer uang via (ATM) anjungan tunai mandiri, internet banking atau sms banking, maka kali ini transfer uang juga bisa dilakukan via BBM, BlackBerry Messenger Money secara cepat dan praktis.

Aplikasi BBM Money dirilis oleh Permata Bank pada 16 April 2013. Awalnya aplikasi yang dibuat PT AGIT Monitise Indonesia ini baru support untuk BlackBerry 9790 dan 9900. Namun kali bisa juga diunduh via BlackBerry Gemini sekalipun dengan OS BlackBerry versi terbaru.

Melalui aplikasi ini, para pengguna BlackBerry makin memudahkan dalam transaksi keuangan. Aplikasi BBM Money bisa dikatakan €œdompet€ berbentuk BBM.

Dalam penjelasan di software-nya, aplikasi BBM Money berfungsi sebagai berikut.

1. Mengirim dan menerima uang dari kontak BBM. Fungsi ini bakal aktif jika pengguna mengunduh aplikasi BBM dengan versi penuh.

2. Mengisi ulang pulsa ponsel tanpa dipungut biaya tambahan. Misalnya dengan mengisi pulsa Rp 100.000, pulsa yang terkirim akan sesuai dengan uang yang dikeluarkan, yakni Rp 100.000.

3. Bisa mengirim atau transfer uang ke rekening bank manapun di Indonesia.
4. Bisa untuk mengecek saldo dan 8 transaksi terakhir rekening bank.

BBM Money bisa disi dengan beberapa cara, yakni melalui kartu ATM dari bank manapun dan mobile/internet banking.

Untuk mengaktifkan BBM Money memang agak sedikit ribet. Pertama Anda mesti mengunduh dulu aplikasi BBM Money, dan itu gratis. Setelah itu baru registrasi. Untuk registrasi, pengguna mesti memiliki nomor ponsel GSM Indonesia dan rekening bank di Indonesia. Sebab kedua hal itu untuk memudahkan mengisi uang ke akun BBM Money.

Jika sudah diunduh, maka Anda tinggal registrasi yang membutuhkan dua langkah, yakni konfirmasi nomor ponsel Anda dengan SMS. Setelah itu membua profil dan passcode.

Agar fungsinya penuh, terutama untuk transfer uang antar kontak BBM, Anda dianjurkan untuk meningkatkan (upgrade) akun BBM Money. Namun untuk upgrade ini tidak bisa dilakukan dari perangkat mobile. Anda mesti mengunjungi lokasi upgrade. Informasi lokasi berada di fitur petunjuk dari aplikasi BBM Money atau ke cabang Permata Bank.

Jangan khawatir, kendati transaksi dilakukan secara online via BBM, namun pihak pengelola menjamin keamanannya. Metode transaksi uang ini sudah diatur oleh Bank Indonesia dengan keamanan sesuai standar bank. Aplikasi ini dilindungi oleh Passcode 6 angka, dan passcode ini harus betul-betul dijaga kerahasiaannya.

Tinggalkan komentar