Korea miliki jaringan 5 terbaik
ponsel 5G

Korea Disebut Memiliki Jaringan 5G Terbaik di Dunia

Diposting pada 30 views

Bagaimana jaringan 5G di tempat tinggal Anda? Apakah cepat atau malah lambat? Apakah sudah tersedia atau belum?

Bagi kebanyakan konsumen belum sepenuhnya sesuai harapan yang kerap digembor-gemborkan penyedia internet.

Saat awal-awal munculnya jaringan 5G, kita dijanjikan latensi yang rendah dan kecepatan yang tinggi ke mana pun kita pergi. Namun kenyataannya masih jauh dari apa yang digembor-gemborkan.

Data baru dari Ookla menunjukkan bahwa kecepatan dan ketersediaan sudah terbilang maju. Meski demikian, data yang sama juga menunjukkan seberapa jauh jangkauannya.

Ookla menerbitkan laporan Benchmark 5G Global untuk paruh pertama 2021, yang merupakan analisis mentah kinerja dan ketersediaan di kota-kota seluruh dunia.

Ookle menyeleksi 30 sampel kota metropolitan yang dianggap mewakili untuk sejumlah pengujian, mulai dari ketersediaan hingga kecepatan download dan upload. Data tersebut memberikan kita wawasan tentang kemajuan jaringan 5G.

Ketersediaan

Melansir AndroidAuthorty, Ookla mendefinisikan ketersediaan 5G sebagai presentase pengguna perangkat 5G yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk mengakses jaringan 5G.

Dari 30 kota yang diuji Ookla, New York menempati peringkat pertama ketersediaan 5G sebanyak 73,5 persen. Ini artinya bahwa orang-orang yang memiliki menghabiskan tiga perempat waktu mereka berhubungan dengan yang tersedia.

Selanjutnya peringkat kedua diraih Amsterdam dengan persentase 51,2 persen. Ini berarti New York dan Amsterdam hanya dua kota yang meraih nilai di atas 50 persen soal ketersediaan 5G.

Ibu Kota Korea Selatan, Seoul menempati peringkat ketiga tentang ketersediaan dengan persentase 48 persen. Lalu peringkat keempat dan kelima diraih Doha 38,1 persen dan Toronto 36,2 persen.

Sementara separuh dari 30 besar kota dengan ketersediaan 5G itu memiliki nilai di bawah 25 persen. Ini artinya bahwa orang di kota-kota dunia menghabiskan waktu mereka hanya mengakses jaringan 3G atau 4G meski ponsel mereka mendukung jaringan 5G.

Contohnya, ketersediaan di Berlin hanya 7,8 persen, Paris 7,2 persen, Roma 6,9 persen, Singapura 6,8 persen, dan Joahannesberg hanya 1,4 persen. Dengan demikian, ketersediaan jaringan 5G memerlukan perbaikan di negara-negara dunia.

Bagaimana dengan Indonesia? Tampaknya persentase ketersediaan 5G belum masuk hitungan Ookla. Bahkan Indonesia tidak masuk 30 besar kota yang memiliki ketersediaan jaringan 5G. Bahkan Indonesia kalah dengan Bangkok, Thailand, yang memiliki presentasi sebesar 22,7 persen.

Kecepatan jaringan 5G

Meski Amerika Serikat memiliki peringkat tertinggi ketersediaan jaringan 5G, namun kecepatannya kalah oleh Seoul, Korea, yang dalam ketersediaannya menduduki peringkat ketiga.

jaringan 5G
Tangkap layar hasil analisis Ookla terkait kecepatan jaringan 5G.

Menurut laporan Ookla, Seoul memiliki kecepatan download median 5G sebesar 467,87 Mbps. Diikuti Abu Dhabi 421,26 Mbps dan disusul Dubai sebesar 417,07 Mbps.

Jika melihat secara total, dari 30 kota di dunia yang memiliki jaringan 5G tercepat ternyata dikuasai oleh kota-kota di Asia dan Timur Tengah.

Sementara New York dengan ketersediaann 5G tertinggi malah menempati urutan kelima dari bawah soal kecepatan jaringan internet generasi terbaru ini.

Laporan Ookla juga menyimpulkan, jika mengacu pada ketersediaan dan kecepatan jaringan 5G, Seoul disebut terbaik di dunia. Ini artinya bahwa Seoul memiliki di dunia mengalahkan kota-kota di Eropa dan Amerika.