Lenovo Mulai Jual ThinkPad X1 Fold dan ThinkPad X1 Nano

Lenovo mulai menjual laptop dengan layar lipat ThinkPad X1 Fold dengan sistem pre-order di seluruh dunia. Laptop fleksibel ini dilepas seharga 2.499 dollar AS atau sekitar Rp 37,1 juta.

Lenovo juga memperkenalkan laptop paling paling ringan dalam lini ThinkPad, yakni ThinkPad X1 Nano. Laptop ini juga sudah tersedia di pasaran untuk dibeli.

ThinkPad X1 Fold

Dilansir Android Authority, ThinkPad X1 Fold mengusung layar 13,3 inci dengan tipe layar sentuh OLED dan resolusi 1.048 x 1.536. Desainnya yang fleksibel dengan layar lipat, maka laptop ini bisa dibentuk dalam beberapa wujud, yakni buku, tablet atau bahkan desktop kecil.

Laptop ini juga merupakan salah satu dari sedikit perangkat yang dapat dilipat dengan dukungan pena. Bahkan, Samsung Galaxy Z Fold 2 tidak memiliki opsi seperti itu.

Spesifikasi laptop terbaru Lenovo ini tidak berubah sejak munculnya rumor jeroan ThinkPad X1 Fold yang tersebar pada Januari lalu. Laptop lipat ini ditenagai Prosesor Core Intel dengan teknologi hibrid yang menyebabkan desain komputer jinjing sangat tipis dengan tebal 0,45 inci. Sementara kapasitas baterainya bisa bertahan selama 11 jam pemakaian.

Kinerja prosesor laptop ini didukung RAM 8GB dan memori penyimpanan internal antara 256GB dan 1TB. Terdapat dua lubang USB-C serta mendukung untuk speaker Dolby Atmos. Untuk jaringan internet, laptop ini mendukung data LTE dan 5G.

Sayangnya, beberapa aksesoris yang sangat berguna bersifat opsional alias terpisah dari paket dan harus membeli sendiri. Misalnya keyboard Bluetooth Mini Fold yang dibutuhkan untuk kepentingan mengetik. Lalu Mod Pen dan Easel Stand untuk menopang laptop.

ThinkPad X1 Nano

Jika Anda kekurangan dana untuk membeli ThinkPad X1 Fold, ada laptop alternatif lain yang juga produk baru dari Lenovo, yakni ThinkPad X1 Nano. Laptop ini juga terbilng tipis dengan tebal 0,55 inci dan berat kurang dari 1 kilogram (0,9 kg).

Laptop ThinkPad X1 Nano ditenagai prosesor Core Intel Generasi 11 (Core i7) dengan layar seluas 13 inci dan resolusi 2.160 x 1.350 piksel. Laptop ini mendukung HDR Dolby Vision.

Sementara RAM untuk mendukung kinerja prosesor terbilang besar, yakni 16GB dengan memori penyimpanan hingga 1TB. Anda akan menemukan lubang Thunderbolt 4, speakera Dolby Atmos, dan mikrofon quad serta opsi jaringan internet 5G dan LTE.

Lenovo mengklaim daya tahan baterai ThinkPad X1 Nano ini bisa bertahan hingg 17,3 jam pemakaian.

Lenovo ThinkPad X1 Nano dijual mulai Rp 20 jutaan.

Tinggalkan komentar