Pegasus spyware israel
Ilustrasi spyware

Mengenal Pegasus Spyware Israel yang Bisa Bobol iPhone

Diposting pada 48 views

Pegasus spyware yang bisa bobol iPhone menjadi topik trending karena kembali berulah. Sebuah laporan dari peneliti keamanan saiber menemukan bukti bahwa ada sekitar 5 ponsel milik aktivis, jurnalis dan pebisnis sudah dibobol oleh Pegasus.

Mereka menjadi target pengawasan rahasia oleh perangkat lunak yang disebut memiliki tujuan untuk mengejar penjahat dan teroris.

Ponsel para aktivis, jurnalis dan pebisnis itu masuk ke daftar 50.000 nomor ponsel yang menjadi target pengawasan, mulai dari politisi, hakim, pengacara, guru dan lainnya.

Sebanyak 50.000 nomor ponsel itu terkait dengan telepon milik pejabat penting di seluruh dunia. Beberapa di antaranya adalah ponsel milik orang-orang dekt Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrader.

Selain itu, nomor ponsel yang juga masuk daftar pengawasan Pegasus adalah jurnalis CNN, Associated Press, New York Times dan Wall Street Journal.

Bahkan, istri aktivis politik asal Perancis yang dipenjara di Maroko pun ikut dibobol oleh milik NSO Group.

Fenomena Pegasus tersebut menjadi contoh terbaru betapa rentannya kita dalam dunia digital. Semua informasi pribadi, termasuk foto, pesan teks dan email, disimpan di ponsel kita. Kemudian sebuah spyware bisa begitu mudahnya melewati enkripsi yang melindungi data kita.

Mengenal

Spayware Pegasus yang disebut-sebut membobol 50.000 ponsel orang-orang penting di seluruh dunia itu adalah milik NSO Group, perusahaan yang bermarkas di Israel.

Lalu apa itu NSO Group?

Melansir Cnet.com, adalah perusahaan asal yang menjual lisensi perangkat lunak untuk agen-agen pemerintah.

Perusahaan tersebut menyatakan bahwa Pegasus spyware miliknya memberikan layanan bernilai karena mampu menembus teknologi enkripsi.

Perangkat lunak tersebut bahkan mampu mengendalikan ponsel orang lain dari jarak jauh dan tanpa diketahui pemiliknya. Artinya, dengan menggunakan Pegasus, maka pelaku bisa dengan mudah mengawasi aktivitas ponsel pemiliknya.

Beberapa ulah yang sudah dilakukan Pegasus. Beberapa di antaranya adalah pembobolan terhadap ponsel pendiri Amazon, Jeff Bezon pada 2018.

Kematian jurnalis Jamal Khashoggi di kedutaan besar Saudi di Turki pada 2018 lalu juga disebut ulah dari Pegasus. Spyware ini membobol perangkat milik Khashoggi sehingga ia bisa dilacak dan kemudian dibunuh di kedubes Saudi.

Mengenal Pegasus Spyware

Pegasus merupakan produk unggulan NSO. Washington Post melaporkan bahwa Pegasus spyware ini bisa dipasang dari jarak jauh meski pemiliknya tidak membuka dokumen atau mengakses internet.

Spyware ini bahkan bisa mengontrol pesanteks, foto, email, video, daftar kontak targetnya. Perangkat lunak jahat ini juga bisa merekam percakapan di ponsel.

Bahkan, menurut Washington Post via CNet, spyware ini secara diam-diam bisa menyalakan kamera dan mikrofon ponsel target untuk membuat rekaman baru.

Spyware ini terbilang canggih, tidak bisa dicegah dengan otentifikasi dua faktor. Perlindungan sulit dilakukan ketika penyerang yang ahli dan dibiayai dengan baik membobolnya.

juga kena bobol

Apple sering berkoar-koar bahwa ponsel besutannya adalah perangkat mobile paling aman. Namun kenyataannya, pera peneliti menemukan bahwa juga kena bobol spyware Pegasus.

Xda Developers melaporkan bahwa para peneliti keamanan saiber menemukan perangkat lunak jahat itu bisa menembus dan beroperasi di sebuah 12 Pro Max yang memiliki sistem operasi iOS 14.6, iPhone SE2 yang berjalan di atas iOS 14.4 dan iPhone SE2 dengan iOS 14.0.1.

Cara kerja Pegasus Spyware

Washington Post melaporkan secara rinci cara kerja Pegasus ketika menginfeksi 11 milik Claude Mangin, istri aktivis politik asal Perancis yang dipenjara di Maroko.

ini tidak bisa terendus ketika masuk ke iPhone. Perangkat lunak ini kemudian mengumpulkan email, riwayat panggilan, postingan media sosial, password, daftar kontak, gambar, video, rekaman suara dan riwayat browsing internet.

Bahkan, spyware ini bisa mengaktifkan kamera dan mikropon ponsel target. Mendengarkan rekaman suara panggilan telepon, hingga mampu mengumpulkan riwayat lokasi yang bisa disinggahi.