Nokia 1.4 Meluncur Seharga Rp 1 Jutaan, Cek Redmi 9A, Pilih Mana?

Perusahaan HMD Global baru saja mengumumkan ponsel murah Nokia 1.4 yang diprediksi menjadi pesaing smartphone sekelas dari brand lain seperti Xiaomi dan Realme. Ponsel Nokia 1.4 ini memiliki sejumlah fitur yang ditingkatkan dari pendahulunya, Nokia 1.3.

Situs teknologi, Android Authority, menyebutkan, ponsel Nokia terbaru ini baru dirilis di Eropa dan Inggris. Nokia 1.4 mengusung layar 6,5 inci dengan panel HD Plus. Layar ini lebih luas dibanding pendahulunya Nokia 1.3 yang memiliki bentang layar 5,71 inci.

Selain layar, Nokia terbaru ini juga memiliki baterai dengan kapasitas 4.000 mAh, lebih besar dibanding kakaknya 3.000 mAh. Baterai untuk ponsel teranyar ini tidak bisa dicopot. Sementara baterai Nokia 1.3 bisa dicopot.

Peningkatan spesifikasi utama lainnya pada Nokia 1.4 adalah sektor kamera. Kini ada penambahan lensa makro 2MP, sementara kamera utama dan selfie masih tetap seperti sebelumnya, yakni 8MP untuk kamera utama dan 5MP untuk selfie.

Namun kamera Nokia 1.4 ini memiliki fitur untuk mode potret dan mode malam, yakni Google Camera Go. HMD Global sudah bekerja sama dengan Google terkait fitur mode kamera ini.

Spesifikasi lain yang cukup layak dari ponsel baru HMD Global ini adalah prosesor Snapdragon 215 yang dengan chipset quad core Cortex A53, pemindai jari belakang, serta RAM mulai 1GB hingga 3GB. Lalu memori penyimpanan mulai 16GB hingga 64GB. Nokia 1.4 juga mendukung untuk microSD sehingga memori eksternalnya bisa diperluas.

Fitur lainnya adalah Bluetooth 4.2, Google Assistant dan radio FM.

Ada pun sistem operasi yang berjalan di ponsel ini adalah Android 10 Go Edition.

Ponsel ini sudah tersedia di pasaran Eropa dan Inggris dengan harga Rp 1,2 juta untuk varian 1GB/16GB.

Bandingkan dengan Redmi 9A

Jika dibandingkan dengan Xiaomi, uang Rp 1,2 juta itu bisa dibelikan untuk ponsel Redmi 9A dengan spesifikasi mumpuni. Di antaranya prosesor Helio G25 dengan dukungan RAM 2GB dan memori internal 32GB. Untuk penyimpanan file juga bisa diperluas dengan microSD. Selain itu, kapasitas baterainya pun lebih besar.

Namun demikian, untuk sektor kamera, Nokia 1.4 sedikit lebih unggul dibanding Redmi 9A. Nokia 1.4 sudah memiliki lensa makro 2MP yang tidak tersedia di Redmi 9A.

Kira kalian pilih yang mana? Silakan tulis pendapat kamu di kolom komentar.

You May Also Like

About the Author: Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *