Perbedaan Fungsi Grup Obrolan WeChat, BBM dan WhatsApp

Setiap orang memiliki cara berbeda dalam memperlakukan fitur grup obrolan di WeChat dan BlackBerry Messenger (BBM). 

Dominan, grup obrolan (chat group) di WeChat kebanyakan jadi media curhat atau iseng atau bahkan cari jodoh bagi mereka yang jomblo. Lain halnya dengan BBM yang sebagian besar membuat grup obrolan untuk kepentingan bisnis.

Fenomena tersebut memang tidak mutlak. Sebab, ada saja mereka yang masuk ke grup obrolan WeChat untuk berbisnis. Namun jumlahnya relatif sedikit. Untuk saat ini, mereka kerap menggunakan hanya sebagai media iseng atau mencari teman dan jodoh. Sedangkan di BBM rata-rata grup obrolan dijadikan wahana interaksi bisnis atau pekerjaan.

Kenapa grup obrolan di WeChat sebagian besar terkesan hanya tempat orang €œnongkrong€ sambil cuap-cuap? Pertama adalah bahwa aplikasi WeChat sendiri terbilang baru. Dan tak sedikit dari mereka yang memakai WeChat belum sepenuhnya mengetahui fitur-fitur andalan di WeChat.

Berdasarkan pengalaman kami, di WeChat tidak ada fitur untuk membuat grup sebagaimana di BBM atau WhatsApp Messenger. Pengguna untuk membuat, kebanyakan diarahkan ke grup €œdadakan€, yakni fitur grup obrolan terdekat alias Nearby Chat Group.

Kelebihan dari fitur ini adalah siapapun bisa bergabung tanpa mesti diundang terlebih dahulu oleh admin atau si pembuat grup itu sendiri sebagaimana grup obrolan di BBM dan WhatsApp. Sedangkan kelemahannya ialah ketika sedang berada di grup obrolan terdekat, kita tidak bisa pindah dulu ke obrolan lain, misalnya ke obrolan pribadi namun tetap berada di grup obrolan terdekat. Kita bisa pindah ke obrolan pribadi jika sudah keluar dari grup obrolan sekitar.

Ribetnya adalah ketika kita sedang asyik mengobrol di grup obrolan sekitar, lalu ada pesan masuk, otomatis kita tidak bisa membuka langsung pesan baru tersebut, kecuali keluar dulu dari grup. Artinya tidak ada fungsi €œmultitasking€ dari fitur ini.

Kekurangan lainnya adalah tentu saja kita tidak bisa membuat grup tertutup yang anggotanya keluarga, teman kantor atau rekan bisnis, atau grup sebagai media promosi. Bagi pebisnis, fitur grup obrolan sekitar di WeChat memang tidak direkomendasikan.

Sebaliknya, di grup BBM dan WhatsApp Messenger, kita bisa membuat kelompok tertutup untuk keluarga, kerabat atau teman. Juga bisa dijadikan media promosi atau bisnis produk kita. Dan memang kebanyakan orang yang membuat grup obrolan demi kepentingan bisnis.

Selain itu, grup BBM atau WhatsApp bersifat permanen. Kita tidak mesti keluar dari grup ketika ada pesan masuk. Obrolan grup terus berjalan dan kita terus mendapat pemberitahuan ketika ada yang menulis pesan atau mengirim gambar, meski sedang tidak membukanya.

Karakter grup itulah yang kemudian menjadikan fungsi grup obrolan di WeChat berbeda dengan di BBM atau WhatsApp Messenger. Karakter fitur sendiri membentuk niat dan tujuan sesorang memasuki sebuah grup obrolan. WeChat untuk mencari teman atau jodoh, sedangkan BBM dan WhatsApp Messenger untuk bisnis dan pekerjaan. Silahkan berbagai pengalaman Anda menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut!

You May Also Like

About the Author: Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *