Cara Percepat Kinerja Ponsel dengan Master Cleaner

/
/
/
17 Views
percepat kinerja ponsel

Salah satu aplikasi untuk optimasi kinerja ponsel Anda, terutama Android, adalah Master Cleaner. Aplikasi besutan Cheetah Mobile ini terbukti efektif meningkatkan kinerja ponsel sekaligus memelihara ponsel Anda dari virus dan persoalan operasional seperti hang.

Master Cleaner memiliki beberapa fitur yang menjaga kinerja ponsel Anda tetap berjalan dengan baik. Fitur dimaksud antara lain CPU Cooler, Junk File Cleaning, Memory Boost, Antivirus dan App Manager.

CPU Cooler mampu menemukan dan mematikan aplikasi yang menyebabkan ponsel menjadi panas dan baterai boros. Fitur ini berguna terutama bagi mereka yang kerap membuka banyak aplikasi namun lupa untuk mematikannya, Kendati sebuah aplikasi ditutup, namun kenyataannya tetap berjalan. Jika banyak aplikasi yang masih berjalan bisa menyebabkan ponsel panas, terkadang hang. Dengan CPU Cooler masalah tersebut bisa teratasi.

Junk File Cleaning sangat penting untuk membuang file-file sampah yang dihasilkan dari sebuah aplikasi yang dibuka, bekas instalan, chache atau file-file dari internet atau temp. Sampah-sampah ini jika dibiarkan tersimpan di memori penyimpanan ponsel bakal menggunung. Contoh kasus, sebuah ponsel Android dalam waktu 3 atau 4 hari pemakaian bisa menghasilkan 300 hingga 400 MB file sampah. Bagaimana jika seminggu atau sebulan? Bisa dipastikan memori penyimpanan kian sesak sehingga itu juga bisa berpengaruh pada kinerja ponsel. Dengan Master Cleaner, fila-file tersebut bisa terdeteksi dan dihapus.

Selain itu, pembersih sampah ini juga memberi pilihan pada Anda untuk menghapus file-file seperti gambar, video dan lainnya yang tidak terpakai. Terutama jika jumlah file tersebut banyak sehingga mengurangi kapasitas ROM ponsel Anda.

Memory boost adalah fitur yang terpenting dalam meningkatkan kinerja ponsel Android Anda. Fitur ini bisa memperkencang RAM sehingga membantu dalam meningkatkan kinerja ponsel. Selain itu, fitur ini bisa mempercepat aplikasi atau game-game yang biasa dipakai dalam sehari-hari.

Fitur yang tak kalah penting adalah antivirus. Ponsel yang setiap hari terkoneksi dengan internet rentan disusupi virus atau malware. Master cleaner mampu mendeteksi serta menghapus virus-virus, trojan, spyware dan adware.

App Manager merupakan fitur untuk mengelola aplikasi yang terinstal dalam ponsel Anda. Fitur ini mempermudah dalam menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak diinginkan, serta juga memindahkan penyimpanan aplikasi dari memori internal ke eksternal atau sebaliknya.

Selain banyak fitur penting dan berguna, Master Cleaner juga sangat mudah dipakai dan sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia. Ketika aplikasi ini dibuka, layar muka atau homescreen langsung memunculkan beberapa fitur, yakni junk file cleaning (berkas sampah), memory boost (percepat perangkat), antivirus dan app manager (pengelola aplikasi). Selain itu, di layar muka juga terpampang jumlah file yang tersimpan dan persentase RAM yang terpakai. Jika file yang tersimpan atau penyimpanan melebihi dan RAM melebihi 50 persen, maka Anda harus segera membersihkannya dengan mengusap berkas sampah dan percepat perangkat.

Namun demikian, Anda tidak perlu setiap hari membuka aplikasi ini karena nanti bakal ada notifikasi beberapa problem yang harus segera diatasi, mulai terlalu banyak berkas sampah, RAM yang lelet dan CPU yang overheat alias kepanasan.

Demikian cara mudah mempercepat kinerja ponsel dengan Master Cleaner. Aplikasi ini bisa didapat di Google Play untuk Android dan gratis.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
English Indonesian
Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views : Ad Clicks :Ad Views :