Ponsel-ponsel Terbaik untuk Bermain Game

Saat ini mencari smartphone yang bisa dipakai bermain game dengan kualitas dan kemampuannya mirip konsol, tidaklah sult. Ada banyak smartphone yang bisa berkinerja konsol sekelas Sony Playstation 3 dan Xbox 360. Smartphone dimaksud memiliki spesifikasi kartu grafis (GPU) yang kualitasnya hampir sama dengan konsol game tersebut.

Tentu saja, untuk memainkan game bukan hanya mengandalkan kartu grafis, tetapi juga dukungan spesifikasi lainnya seperti prosesor, layar dan lainnya. dan hal itu biasanya menjadi satu paket dalam sebuah chip.

Ada sebuah ukuran untuk menganaisis apakah sebuah ponsel layak dipakai bermain game atau tidak, berdasarkan kemampuan kartu grafis sehingga keberadaannya bisa dikatakan sekelas konsol game. Ukuran tadi disebut GFlops. Misalnya, Samsung Galaxy S4 dan HTC One menunjukkan kinerja kartu grafis sebesar 50 GFlops. Semakin ukurannya tinggi, maka itu semakin baik. Smartphone iPhone 5s memiliki nilai 7,8GFlops, maka ponsel ini kinerja kartu grafisnnya lebih baik dibanding Galaxy S4 dan HTC One.

Lalu berapa ukuran kartu grafis konsol game Xbox 360 dan Playstation 3? Keduanya dinilai 230 GFlops. Memang jauh dengan smartphone yang disebutkan di atas. Namun demikian, perlu ditekankan di sini bahwa smartphone memang fungsinya bukan hanya untuk bermain game, tetapi juga komunikasi dan hiburan, termasuk brwosing internet. Berbeda dengan konsol game yang memang dikhususkan untuk bermain game. Tetapi setidaknya, smartphone juga bisa dipakai untuk bermain game dengan kualitas tak jauh berbeda dengan konsol game.

Berikut ponsel-ponsel terbaik untuk bermain game berdasarkan kuaitas paket chip (prosesor dan kartu grafis), berikut dengan ukuran GFlops-nya.

1. Samsung Galaxy Nexus – PowerVR SGX 540 – 6.1 GFlops
2. Ponsel asal China – MT6589 – 9.2 GFlops
3. Ponsel asal China dengan MT6589T – 11.4 GFlops
4. Apple iPhone 5 – SGX543 MP3 (w/ Apple A6) – 28.8 GFlops
5. Ponsel Android terbaru (HTC One, Samsung Galaxy S4) – Adreno 320 (w/ Snapdragon 600) ~ 51.2 GFlops
6. Ponsel yang dilengkapi chips Tegra 4 – 72 GFlops
7. Apple iPad 4 – SGX554 MP4 (w/ Apple A6X) – 76.8 GFlops
8. Apple iPhone 5s – PowerVR G6430 (w/ Apple A7) – 76.8 GFlops

Sumber: Phonearena.com

Tinggalkan komentar