Resep Nasi Goreng Ala Dedi Mulyadi, Topping Kerupuk Separo Mentah

  • Whatsapp

Anggota DPR sekaligus YouTuber kondang, Dedi Mulyadi memiliki resep unik dalam membuat nasi goreng, yakni memakai topping kerupuk separo mentah, kok bisa?

Dedi sendiri memang sudah lama memiliki hobi membuat nasi goreng sendiri. Baginya, membuat nasi goreng sendiri malah lebih enak dibanding membeli.

Resep nasi goreng ala Dedi Mulyadi

Wakil ketua Komisi IV ini menyebut bahwa bagi orang Indonesia, makanan paling enak ya nasi goreng. Kemudian cara membuatnya juga mudah dan bahan-bahannya pun murah. Namun ada sedikit tambahan topping yang unik.

Dedi punya resep tersendiri untuk membuat nasi goreng enak. Yakni menggunakan bahan bawang merah, cabai merah, garam, kecap, pete, telur, dan saus. Lalu untuk toppingnya menggunakan sukro atau kacang atom. Bahkan, ia menyarankan memakai topping kerupuk setengah mentah.

“Kadang pakai kerupuk yang matang separo. Bagi saya bahan-bahan seperti itu membuat nasi goreng lezat untuk disantap, ” Kata mantan bupati Purwakarta itu.

Dedi Mulyadi memasak nasi goreng sendiri di rumahnya di Subang, Jawa Barat. Ia mengaku senang membuat nasi goreng karena bahan-bahan sederhana dan praktis.

Mengenang masa hidup susah

Melalui sambungan telepon, Minggu (7/2/2021), Dedi mengatakan memasak nasi goreng adalah salah satu cara dirinya mengenang ketika masa-masa kecil yang penuh kesusahan secara ekonomi. Dedi sendiri berasal dari keluarga veteran yang hidupnya pas-pasan.

“Iya, saya udah biasa. Hidup saya begini sejak SD. Kenapa nasi goreng bagian yang tak terpisahkan dari hidup, karena waktu kecil untuk bisa bikin nasi goreng itu sesuatu luar biasa,” Kata Dedi.

Dedi mengatakan, saat kecil ia punya kemampuan membuat nasi goreng dengan tiga jenis bahan, yakni garam, minyak dan cabai. Ia tidak menggunakan bahan telur karena waktu itu era tahun 1980-an bahan makanan tersebut terbilang mahal sehingga ia tidak mampu membelinya.

“Tak mungkin bikin nasi goreng pakai telur. Tahun 80-an nggak mungkin. Telur barang mahal,” Katanya.

Kadang pula Dedi menggunakan minyak bekas goreng ikan asin untuk memasak nasi goreng. Bahkan kadang-kadang tidak menggunakan minyak, cukup disangrai.

‘Masih untung punya minyak, itu pun bekas. Kadang-kadang tak pakai minyak. Disangrai,” Ujarnya.

“Saya membuat nasi goreng untuk mengenang masa kecil saya yang susah,” Lanjut Dedi.

Cocok di musim hujan

Dedi nengatakan, nasi goreng cocok disantap saat musim hujan seperti sekarang-sekarang ini. Ia pun sudah rutin memasaknya di rumah. Apalagi saat ini masa pandemi, membuat nasi goreng adalah pilihan tepat untuk aktivitas selama di rumah demi mencegah penularan Covid-19.

“Hari ini kan hujan hampir tiap hari, dari pagi sampai sore. Ditambah lagi situasi lagi pandemi, maka nasi goreng itu pilihan makanan paling enak,” ujarnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *