Segarnya Curug Badak, Surga Tersembunyi di Tasikmalaya

Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat memiliki banyak destinasi wisata, baik alam maupun wisata religi. Beberapa destinasi wisata yang terkenal di antaranya Gunung Galunggung, Pantai Karangtawulan, dan lainnya.

Sedangkan destinasi wisata religi yang paling terkenal dan tujuan wisata dari berbagai daerah di Indonesia adalah Makam Syeh Abdul Muhyi di Pamijahan.

Namun dari sekian destinasi wisata itu, sebenarnya ada objek wisata lain yang belum terkenal. Padahal destinasi wisata itu menawarkan alam yang indah dan sejuk, yakni Curug Badak di Cisayong. Objek wisata ini berada di paling barat Cisayong dan bisa dikatakan surga tersembunyi di Tasikmalaya. Aksesnya sangat mudah karena jalan menuju ke sana sudah diaspal.

Curug Cibadak menawarkan air terjun yang sejuk. Airnya jernih dan udaranya juga sejuk. Curug Badak berada di tengah hutan pinus milik Perhutani. Udara sejuk yang dirasakan memang karena dari pohon-pohon rindang tersebut.

Namun untuk menjangkau Curug Badak, pengunjung cukup berjalan melewati hutan pinus berjarak sekitar 200 meter. Ada dua jalur untuk mencapai curug dari tempat parkir, yakni dengan lurus atau belok kiri.

Jika ingin berjalan-jalan terlebih dahulu dan sedikit berolahraga, pengunjung bisa jalan kaki lurus dan sedikit menanjak menuju “puncak”. Di sana disediakan tempat istirahat, baik warung maupun tempat ayunan yang tentu saja disewakan.

Setelah berada di puncak, pengunjung kemudian sedikit berjalan menuju selatan, lalu turun menuju curug. Jalannya agak terjal namun sudah ada tangga yang dibuat seadanya dengan disekat bambu. Kalau sedang hujan, pengunjung harus ekstra hati-hati karena jalan dipastikan akan licin.

Kemudian jalan alternatif lainnya adalah dengan langsung belok kiri dari tempat parkir kendaraan. Nanti akan ada petunjuk panah di sana. Jalur ini khusus untuk pengunjung yang ingin langsung menuju curug. Jalannya tidak terlalu terjal dan jaraknya cukup dekat.

Meski belum terkenal, namun saat ini, Curug Cibadak dikelola dengan cukup profesional. Masuk area curug sudah dikenai uang tiket Rp 10.000 per orang dewasa. Sedangkan anak-anak gratis.

Anda yang membawa mobil ataupun motor, pengelola curug menyediakan parkir yang cukup luas.

Di area curug juga tersedia warung-warung makan hingga toilet. Warung-warung makan itu menyediakan mi instan dan minuman siap seduh. Sambil nongkrong menikmati udara yang sejuk, pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman yang masih hangat.

You May Also Like

About the Author: Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *