Spesifikasi Lengkap Huawei P40 Pro dan Cara Membelinya

Huawei resmi merilis tia ponsel terbarunya, P40, P40 Pro dan P40 Pro Plus. Salah satu ponsel yang dipasarkan di Indonesia adalah Huawei P40 Pro.

Alasan ponsel ini pertama kali dijual di Indonesia karena memiliki spesifikasi yang bisa bersaing dengan produk lain sekelas. Berikut spesifikasi lengkap Huawei P40 Pro.

Layar dan bodi

Situs teknologi, GSMarena menyebutkan spesifikasi Huawei P40 Pro. Ponsel ini mengusung layar OLED capacitive touchscreen dengan luas 6,58 inci dan resolusi 1200×2640 piksel atau kerampatan piksel (ppi density) 441. Dengan resolusi sebesar itu, ponsel P40 Pro mampu menampilkan gambar yang jelas, jernih, dan lembut.

Selain itu, rasio layar ke bodi sangat besar, yakni 91,6 persen sehingga layar tersebut menutupi hampir semua permukaan ponsel.

Desainnya sangat elegan dengan kerangka alumunium dan balutan kaca baik di depan maupun di belakang. Ponsel Huawei Pro sudah memilik sertifikai IP68 sehingga tahan dari debu dan air. Smartphone ini di atas kertas mampu bertahan di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Mesin

Masuk ke sektor mesin, Huawei P40 Pro ditenagai CPU Octa-core yakni 2×2.86 GHz Cortex-A76 & 2×2.36 GHz Cortex-A76 & 4×1.95 GHz Cortex-A55. Performa mesin dipastikan kencang. Apalagi ditambah dukungan RAM 8GB dengan semua varian sehingga ketika membuka banyak aplikasi, kinerja mesin tetap stabil. Menurut GSMarena, Huawei P40 Pro ini menjalankan sistem operasi Android 10 dan EMUI 10.1.

Meski menjalankan Android 10, namun Huawei P40 Pro tidak mendukung layanana Google Mobile Service seperti Gmail, Google Drive, Google Photo dan lainnya. Hal itu karena ada pembatasan Amerika Serikat terhadap Huawei yang merupakan imbas dagang antara AS dan China.

Sementara untuk mendukung game, ponsel pintar ini menggunakan kartu grafis Mali-G76 MP16. Kartu grafis atau GPU model ini sangat mumpuni untuk bermain game atau desain grafis.

Untuk memori penyimpanannya, Huawei P40 Pro menawarkan tiga varian, yakni 128GB, 256GB dan 512GB. Tentu saja, masing-masing varian akan berbeda harganya.

Kamera

Salah satu keunggulan yang ditawarkan Huawei P40 Pro adalah sektor kamera untuk fotografi. Dilansir Liputan6.com, sebagaimana pendahulunya, Huawei P20 dan P30, model P40 Pro ini masih menggandeng Leica, salah satu vendor kamera terkemuka di dunia.

Huawei P40 Pro melengkapi diri dengan kamera belakang yang terdiri dari sensor utama 50MP f/1.9, 40MP f/1.8 (ultrawide), dan telefoto 12MP dengan kemampuan 5x optical zoom atau 50x digital zoom.

Kamera dengan lensa sebesar itu mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat bagus. Apalagi dengan tekonologi telefoto 5x optical zoom sehingga bisa memotret objek yang cukup namun menghasilkan kualitas foto yang bagus.

Sementara untuk kamera kepentingan selfie, ponsel ini menyematkan lensa 32MP dengan fitur sensor kedalaman. Di atas kertas, lensa kamera depan sangat mumpuni untuk foto-foto selfie.

Jaringan 5G

Huawei P40 Pro sudah mendukung jaringan 5G. Namun apakah di Indonesia sendiri, jaringan data 5G belum tersedia, sehingga salah satu kelebihan Huawei P40 Pro ini belum bisa berfungsi secara maksimal.

Hanya saja, smartphone ini sudah mendukung kartu SIM digital alias e-SIM. Saat ini, sudah ada vendor yang menyediakan e-SIM, yakni Smartfren. Telkomsel berencana menyusul.

Cara membeli

Sementara itu, sebelumnya sudah disinggung bahwa ponsel P40 Pro merupakan salah satu dari trio ponsel besutan perusahaan China itu yang sudah dirilis.

Namun di Indonesia, baru Huawei P40 Pro yang sudah mulai dipasarkan dengan harga Rp 14.499.000. Pre-order bisa dilakukan di toko ritel baik offline maupun online. Untuk toko online bisa memesan di Lazada, Shopee, JD.id dan Blibli.

Sementara untuk ponsel P40 dan P40 Pro Plus, menurut Deputy Cuntry Director Huawei CBG Indonesia, Lo Khing Seng, yang dilansir Kompas.com, Senin (13/4/2020), akan hadir di tanah Air pada pertengahan 2020.

Tinggalkan komentar