Suara Dentuman Keras Terdengar di Jakarta, Ada Apa?

  • Whatsapp
dentuman misterius
Ilustrasi suara dentuman.

Warga heboh mendengar suara dentuman keras di langit DKI Jakarta, Minggu (20/9/2020) malam. Dentuman tersebut terdengar lebih keras di wilayah Jakarta Selatan.

Suara dentuman keras itu terdengar dua kali sekitar pukul 19.45 WIB. Bahkan suara itu menimbulkan getaran yang menyebabkan benda-benda bergetar.

Salah satu warag Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Surti sebagaimana dilansir Kompas.com menyebutkan ia mendengar suara dentuman keras sebanyak dua kali. Satu dentuman ke dentuman lainnya hanya berselang tidak terlalu lama.

Surti mengaku ketika suara dentuman misterius itu terdengar, ia sedang menonton televisi. Baginya, suara dentuman itu terdengar asing tidak seperti gemuruh menjelang hujan.

Namun demikian, Surti tidak menghiraukan suara itu dan menganggapnya memang suara menjelang hujan.

Warga lainnya yang tinggal di Kalibata, Jakarta, Selatan, Dian (30) mengaku memang mendengar suara dentuman yang keras. Berselang 1 menit kemudian, ia kembali mendengar suara serupa.

Warganet juga heboh dengan suara dentuman itu. Nes, pemilik akun Twitter @wannabpsychlgts mengaku mendengar suara dentuman yang keras.

“Ada dentuman apa itu dua kali? Jakarta ada apa,” tanya Nes.

Begitu juga dengan pemilik akun @aiyu_asyaka, Rishanda Singgi juga mendengar suara yang sama. Bahkan ia mengatakan suara itu mirip suara dentuman yang terjadi pada Maret lalu di Jabodetabek.

Tiga dentuman di daerah lain

Suara dentuman keras yang terdengar di langit Jakarta Selatan bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya, suara yang sama juga tedengar di tiga wilayah di Jawa.

Dilansir Jalurtujuh.com, Suara dentuman pernah terjadi di Bandung pada 21 Mei 2020 sekitar pukul 09.30 WIB. Suara itu mengejutkan warga di Buah Batu, Arcamanik, Cimahi, Pasir Koja hingga Kabupaten Bandung.

Kemudian suara dentuman serupa juga pernah terdengard di langit Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi pada 14 Maret 2020 lalu sekiar pukul 01.30 WIB dini hari. Suara itu terdengar sebanyak dua kali.

Selanjutnya warga Jateng terutama di Semarang, Solo, Sragen, Boyollai, Grobogan dan Kendal juga mendengar suara dentuman keras pada 11 Mei 2020. Suara itu bukan petir ataupun gunung meletus.

Hingga kini, suara dentuman keras itu masih misterius. Sejumlah spekulasi bermunculan, mulai dari petir menjelang hujan, gunung meletus, gempa bumi hingga asteroid yang mendekat bumi. Namun spekulasi itu terbantahkan oleh otoritas yang berwenang seperti PVMBG, BMKG dan Lapan.

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *