Tak Diundang di Acara Puan, Ini Elektabilitas Ganjar Pranowo Versi LSI

  • Whatsapp
ganjar dan deni
Ganjar Pranowo (kiri)

Simak elektabilitas menurut survei LSI ketika ia menjadi perhatian publik setelah tidak diundang dalam acara PDI-P Jawa Tengah yang dihadiri Puan Maharani.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi sorotan karena tidak diundang pada acara PDI-P yang dihadiri putri Megawati Soekarnoputri itu.

Ketika acara pertemuan seluruh kader PDI-P Jateng, Ganjar yang sedianya menjadi tuan rumah, malah tidak diundang dan dia malah bersepedaan di . Belakangan diketahui bahwa Ganjar mengunjungi rumah Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta.

Elektabilitas Ganjar

Menurut Lembaga Survei Indonesia (LSI), Ganjar memiliki elektabilitas cukup tinggi dan jauh dari ketua DPP PDI-P Puan Maharani.

Melansir Kompas.com (22/2/2021), elektabilitas Ganjar sebesar 10,6 persen. Sedangkan Puan Maharani hanya 0,8 persen.

Nilai elektabilitas Ganjar bahkan berada di urutan kedua setelah Ketua Umum Partai Prabowo Subianto yang meraih 22,5 persen. Disusul Gubernur DKI Anies Baswedan di urutan ketiga dengan perolehan 10,2 persen.

Sementara dalam simulasi tertutup dengan 14 nama calon presiden, Ganjar juga masih berada di urutan kedua sebesar 14,7 persen. Posisi pertama diraih Prabowo Subianto sebesar 25,3 persen. Sementara Anies Baswedan berada di urutan ketiga 13,1 persen.

Survei ini dilakukan terhadap 1.200 orang responden dengan metode wawancara lapangan pada 25 hingga 31 Januari 2021. Sementara margin of error atas seurvei ini sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Rincian hasil survei elektabilitas capres versi Lembaga Survei Indonesia.

Simulasi tertutup 14 nama

Prabowo Subianto: 25,3 persen

Ganjar Pranowo: 14,7 persen

Anies Baswedan: 13,1 persen

Sandiaga Uno: 9,5 persen

: 6,9 persen

Agus Harimurti Yudhoyono: 6,2 persen

Khofifah Indar Parawansa: 4,4 persen

Gatot Nurmantyo: 2,2 persen

Mahfud MD: 2,0 persen

Erick Thohir: 1,6 persen

Puan Maharani: 0,8 persen

Tito Karnavian: 0,6 persen

Budi Gunawan: 0,5 persen

Muhaimin Iskandar: 0,3 persen

Tidak tahu/rahasia: 10,4 persen

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDI-P Ganjar Pranowo tidak diundang ke acara partai yang dihadiri Ketua DPP PDI-P Puan Maharani di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (22/5/2021).

Ganjar membenarkan dirinya tidak hadir dalam acara itu. Alasannya, Ganjar mengaku tidak diundang.

“Saya tidak diundang (acara PDI-P),” kata Ganjar dilansir Kompas.com, Minggu (23/5/2021).

Ganjar menyatakan ia akan hadir jika memang diundang pada acara itu karena sebagai kader PDI-P ia wajib hadir.

Namun faktanya ia tidak diundang dalam kegiatan yang dihadiri putri Megawati Soekarnoputri itu.

Ketika ditanya ia tak diundang karena terkait langkah dirinya hendak maju ke bursa capres 2024, Ganjar enggan berkomentar.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI-P Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuyanto menyebutkan bahwa Ganjar tak diundang ke acara yang dihadiri Puan Maharani karena terkait pencapresan di 2024.

Bambang menyebut bahwa Ganjar tidak dundang karena dinilai berseberangan terkait langkah pencapresan 2024. Ia menilai Ganjar terlalu berambisi untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2024 mendatang.

Bambang mengatakan, sedari awal DPD PDI-P sudah mengingatkan sikap Ganjar yang terlalu berambisi untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2024 tidak baik.

Selain itu, Ketua Umum PDI-P Megawati juga belum menyampaikan instruksi terkait pencapresan itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *