Tanda-tanda WhatsApp Kamu Dibajak Orang Lain

WhatsApp sebenarnya merupakan aplikasi pesan yang terbilang aman dari penyadapan berkat fitur end-to end encrypted. Namun ketika aplikasi itu dipakai dalam platform website, maka bencana akan terjadi.

Ya, ketika kamu menggunakan akun WhatsApp kamu di versi website, maka akun itu rentan kena retas hingga penyadapan. Sebab, hacker saat ini sangat mudah untuk membobol data dan informasi penting melalui perangkat komputer.

Namun demikian, bukan berarti bahwa kamu tidak boleh menggunakan WhatsApp versi web, namun setidaknya kamu harus menggunakan protokol keamanan saiber.

Ada beberapa langkah yang bisa mencegah WhatsApp kamu dibajak atau disadap orang lain. Namun sebelum menjelaskan lebih jauh langkah itu, ada baiknya kami jelaskan terlebih dahulu tanda-tanda whatsApp kamu disadap.

1. Chat tiba-tiba berstatus terbaca

Biasanya ketika kamu membaca pesan atau chat baru di WhatsApp, warna centang berubah menjadi biru. Itu tandanya bahwa pesan masuk di WhatsApp kamu sudah terbaca.

Namun bagaimana jika kamu belum membaca pesan masuk itu, tapi tiba-tiba centang berubah warna menjadi biru? Hati-hati berarti itu tandanya bahwa WhatsApp kamu sudah disadap, dibajak atau diretas.

2. WhatsApp di perangkat lain

Cara kedua untuk mengetahui tanda-tanda akun WhatsApp kamu disadap adalah dengan memeriksa WhatsApp web kamu di ponsel Android. Kamu tinggal klik menu yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih WhatsApp web kamu.

Silakan cek, apakah akun WhatsApp kamu ada di perangkat lain yang tidak dikenal. Periksa juga waktu masuk WhatsApp web, apakah kamu merasa login pada waktu itu atau tidak. Jika tidak merasa, maka dipastikan bahwa WhatsApp kamu disadap.

3. WhatsApp tiba-tiba minta konfirmasi nomor

Tanda selanjutnya WhatsApp kamu disadap orang adalah muncul pemberitahuan permintaan konfirmasi nomor telepon yang digunakan untuk WhatsApp. Nah ini artinya bahwa akun WhatsApp kamu sudah berganti nomor. Akun WhatsApp kamu sudah dikuasai orang lain. Akun WhatsApp kamu bukan hanya disadap tetapi juga disadap.

4. Ada suara asing saat telepon

Ketika kamu melakukan panggilan telepon suara via WhatsApp lalu muncul suara asing yang bukan dari lawan bicaramu, maka waspadalah itu kemungkinan percakapan kamu disadap orang lain.

Ketika kamu melakukan telepon, suara dari lawan bicara terganggu oleh suara bising. Kemungkinan besar ada orang yang sedang menyadap pembicaraan kamu dengan aplikasi atau alat tertentu.

Cara mengatasi WhatsApp disadap

Untuk mengatasi WhatsApp kamu disadap orang lain, ada beberapa langkah yang bisa digunakan.

1. Logout dari WhatsApp Web

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, WhatsApp kamu rentan disadap ketika kamu menggunakan aplikasi tersebut versi web. Maka untuk mengatasinya adalah segera keluar atau logout dari WhatsApp web.

Caranya kamu klik menu WhatsApp di pojok kanan atas lalu pilih dan klik WhatsApp menu. Selanjutnya kamu klik “Keluar dari semua Perangkat”. Ini secara otomatis akun WhatsApp kamu keluar atau terhapus dari versi web. Jika ingin menggunakannya lagi, kamu tinggal pindai barcode dari WhatsApp ponsel kamu ke versi web.

2. Pakai verifikasi dua langkah

Ini salah satu sistem pengamanan terbaru. Hampir semua media sosial baik Facebook maupun akun Google menyarankan untuk melakukan verifikasi dua langkah (two step verification).

Termasuk juga WhatsApp. Kamu bisa melakukan verifikasi dua langkah dengan menggunakan pin untuk mencegah WhatsApp kamu disadap. Caranya adalah kamu bukan pengaturan atau settings WhatsApp lalu klik Akun atau Accunt, lalu pilih “Enable” atau “Aktifkan” Verifikasi dua langkah (Two-step verification).

Ketika langkah itu diaktifkan, kamu diminta untuk memasukkan nomor PIN. Nomor PIN ini harus benar-benar rahasia dan jangan diketahui oleh siapa pun.

Perlu dicatat, ketika kamu mengaktifkan verifikasi dua langkah, kamu bisa mengisi email yang disediakan. Email itu sebagai cara kamu menonaktifkan verifikasi dua langkah jika kamu lupa PIN. WhatsApp dapat mengirim tautan melalui email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah.

3. Deaktivasi akun WhatsApp

Jika akun WhatsApp kamu sudah terlanjur disadap atau dibajak dan dengan dua langkah tadi masih gagal, maka cara terakhir adalah melakukan deaktivasi akun ke WhatsApp.

Caranya adalah dengan mengirim email ke support@whatsapp.com dan meminta deaktivasi. Nanti pihak WhatsApp akan melakukan validasi email kamu dan akun WhatsApp kamu secara otomatis akan terhapus.

Tinggalkan komentar