Tips Meningkatkan Kinerja Komputer yang Lemot

  • Whatsapp
komputer lemot
Ilustrasi komputer lemot

Sekarang kita hidup di zaman yang serba instan dan selalu mencari cara tercepat untuk menyelesaikan sesuatu. Kita hampir tidak punya waktu untuk melakukan hampir segala hal sendiri.

Contoh saja, jika Anda lapar tinggal pesan makanan di restoran cepat saji lokal, mau ngopi beli di starbuck, nggak punya waktu cuci baju tinggal pakai jasa laundry, begitu juga ketika Anda menggunakan komputer agar pekerjaan selesai dengan cepat.

Tapi, gimana kalau komputer yang Anda gunakan sangat lambat (lemot)? Siapa coba yang betah menggunakannya!

Nah untuk masalah ini, mimin ada tips buat mempercepat kinerja komputer tanpa menambah kapasitas RAM.

Sebagian besar tips ini akan memungkinkan Anda untuk mempercepat komputer secara gratis karena aplikasi yang digunakan sudah terinstal di komputer Anda.

Bersihkan File Sampah

Tips pertama Anda bisa mempercepat kinerja komputer dengan membersihkan file sampah dengan mengosongkan file/folder pada Recycle Bin. Untuk melakukannya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

● Arahkan kursor mouse ke ikon Recycle Bin
● Lalu klik kanan, pilih Empty Recycle Bin
● Selesai

Selain meningkatkan kinerja komputer, dengan membersihkan file sampah di Recycle Bin juga akan melegakan kapasitas media penyimpanan komputer Anda. Tentu saja itu akan berdampak ke kinerja komputer agar tidak lemot.

Defragment Disk

Tips kedua adalah dengan melakukan Pembersihan Disk atau di kenal Defragment Disk.

Untuk melakukan Defragment Disk ikuti langkah berikut:

● Pertama klik Start
● Arahkan kursor ke All Programs>Accessories>System Tools>Disk Cleanup
● Pilih partisi yang ingin di Defragment
● Tinggal tunggu proses sampai selesai

Defragment Disk akan mulai bekerja dengan menghitung berapa banyak ruang yang akan dapat Anda bebaskan. Setelah selesai, tool akan memberi Anda daftar file untuk dihapus.

Seharusnya tool sudah memiliki beberapa file yang sudah diperiksa, tetapi Anda dapat masuk ke daftar dan memeriksa semua file yang ingin Anda hapus, lalu klik OK.

Melakukan Defragment Disk memerlukan proses yang sangat lama, apalagi jika disk Anda berisi banyak file. Sebaiknya Anda melakukan kegiatan lainnya sambil menunggu proses Defragment selesai.

Scan Virus

Tips ketiga dengan menjalankan pemindaian antivirus pada komputer Anda. Kebanyakan orang tidak menyadari betapa mudahnya komputer mereka terinfeksi spyware, malware, dll sehingga menjalankan pemindaian berkala sangat dianjurkan.

Mungkin komputer Anda sudah terinstal antivirus bawaan, tetapi ketahuilah bahwa tidak ada program yang bisa menyelesaikan segalanya. Agar lebih aman, di sarankan Anda harus menggunakan setidaknya tiga program antivirus yang berbeda.

Kami merekomendasikan tiga program antivirus terbaik yang bisa Anda instal di komputer yaitu, Windows Defender, ESET, Malwarebytes. Tiga program tersebut sudah kami buktikan sangat ampuh untuk menangkal virus, malware, dll dan selalu siap menjaga data privasi komputer Anda dari kebocoran.

Tiga antivirus tersebut memang akan bekerja secara real time. Tetapi, untuk memastikan komputer Anda bebas dari virus, sebaiknya Anda melakukan scanning secara manual 1 minggu/bulan sekali. Dan jangan lupa untuk membackup selalu data sebelum melakukannya.

Unistall Program Yang Tidak Perlu

Mengunistall atau menghapus program yang tidak diperlukan juga akan meningkatkan kinerja komputer Anda. Jika perlu, hapus semua instalan program menggunakan aplikasi seperti iobit uninstaller. Dengan menggunakan iobit uninstaller program yang di uninstal akan terhapus bersih bersama file-file sampahnya.

Nah itulah tips yang bisa Anda lakukan agar meningkatkan kecepatan komputer yang lemot versi Nooblasto.com. Bila cara di atas tidak berhasil, ada tambahan tips terakhir yaitu, instal ulang sistem komputer Anda. Dengan menginstal ulang OS akan membuat komputer Anda seperti baru lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *