Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

/
/
/
2 Views
ad-mania

Kalau berbicara tentang masalah kesehatan, tentu semua orang ingin tetap sehat bukan? Siapa sih yang mau sakit? Apalagi namanya sehat itu mahal ya. Sehat tidak bisa dibeli dengan apapun ya.

Dengan tubuh yang sehat kita mampu melakukan segala bentuk aktivitas apapun dengan mudah tentunya tanpa ada hambatan apapun. Jangan lupa juga bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat juga.

Nah, banyak sekali cara atau tips yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Namun harus ingat juga bahwa orang sehat itu sudah tentu bugar. Tapi kalau bugar belum tentu sehat.

Saat ini, dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Virus yang mewabah ini sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian. Untuk mencegahnya, selain menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, rutin mencuci tangan dan menghindari kerumunan, tubuh kita juga dijaga agar memiliki imunitas tinggi.

Berikut tips menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19:

 

Makan sayuran hijau

Sayuran hijau dan berdaun kaya akan vitamin yang membantu Anda menjaga diet seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. seperti bayam,brokoli,kembang kol, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk sayuran hijau bisa dikonsumsi sesuai keinginan baik itu dibuat masakan seperti sayur dan lain sebagainya.

Konsumsi vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik antara lain kuning telur, jamur, ikan
salmon, ikan tuna, dan hati sapi.

Anda juga bisa membeli suplemen vitamin D dan pilih yang mengandung D3 (cholecalciferol), karena ini baik dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah Anda.

Namun sebelum mengnsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan hal ini pada dokter.

Olahraga secara rutin

Tetap aktif dengan melakukan olahraga secara rutin. Anda bisa mulai dengan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki. Olahraga dengan teratur bisa membuat Anda bugar dan langsing.

Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.

Minum teh hijau

Teh hijau telah dikaitkan dengan kesehatan yang baik. Manfaat kesehatan teh hijau mungkin karena tingginya tingkat antioksidan, yang disebut flavonoid. Sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Maka itu, karena mudah untuk dilakukan cara menjaga kesehatan tubuh yang satu ini sudah banyak dilakukan.

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri.

Sementara, orang yang kurang dari 6 jam setiap malam akan 4 kali lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih.

Selalu menjaga kebersihan

Cara menjaga kesehatan lainnya adalah dengan menjaga kebersihan diri maupun lingkukan sekitar. Dengan begitu, Anda terhindar dari serangan berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa cara menjaga kebersihan yang baik.

1. Mandi setiap hari

2. Cuci tangan Anda sebelum makan atau menyiapkan makanan, dan setelah makan.

3. Cuci tangan Anda sebelum memasukkan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuat Anda bersentuhan dengan mata atau mulut.

4. Cuci tangan Anda selama 20 detik dan gosok di bawah kuku jari Anda.

5. Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu saat batuk atau bersin.

Hindari kelelahan

Sebisa mungkin kita harus menjaga tubuh kita agar tetap vit,jan terlalu lelah .sekalipun dengan banyak sekali aktivitas yang harua dikerjakan tubuh juga tentunya membutuhkan istirahat yang cukup karena itu beraktivitaslah sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan, kemudian sesuaikan juga dengan waktu. Kalau bisa, buat jadwal sebagai rutinitas harian agar segalanya berjalan secara teratur.

Setelah mengetahui tips di atas tidak salah juga jika mencoba terlebih dahulu dan melakukannya secara teratur. Apalagi di tengah pandemi Covid -19 ini, tubuh membutuhkan banyak sekali asupan nutrisi.

Selain itu, olahraga yang teratur juga sangat penting. Sesekali berolahragalah untuk menyeimbangkan tubuh, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan juga ya demi menjaga keamanan dan kesehatan bersama.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
English Indonesian
Ad Clicks :Ad Views :