Tips Sederhana Menghilangkan Rasa Minder

  • Whatsapp
tips kejiwaan
Hilangkan rasa minder

Malu adalah emosi dasar yang memang secara alami dimiliki manusia, namun dalam kadar yang berbeda, rasa malu yang berlebihan bisa jadi penghambat kita melakukan sesuatu. Malu dan rasa rendah diri yang berlebihan, biasanya disebut minder.

Rasa malu yang berlebihan membuat kita menahan diri untuk melakukan berbagai kegiatan positif. Orang yang pemalu akan lebih cenderung diam dan malu untuk mengungkapkan pendapat.

Apalagi di lingkungan yang melibatkan banyak orang, butuh energi dan dorongan yang besar untuk bisa bersosialisasi.

Salah satu faktornya, malu berasal dari overthinking alias berpikir berlebihan. Kamu memikirkan berbagai hal kemungkinan yang bahkan belum terjadi. Kamu terlalu takut akan respon orang lain terhadapmu.

Padahal dunia ini tak semenakutkan itu. Karena setiap pribadi punya keunikan masing-masing. Tentunya adanya perbedaan itu untuk saling melengkapi, karena pada dasarnya manusia tidak ada yang sempurna, dan saling membutuhkan.

So, be yourself in the best version

Tips untuk mengembangkan harga diri yang baik dan terhindar dari minder :

1. Jadilah diri sendiri. Kenali potensi diri dan mengembangkannya adalah cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri.

2. Berhentilah memikirkan kekurangan-kekuranganmu.
Terimalah diri kamu apa adanya. Jadikan kekurangan kamu sebagai kelebihan. Selalu menutupi kekurangan hanya akan membuat kamu semakin terpuruk dalam sikap minder dan rendah diri.

3. Memperluas pergaulan. Bergaulah dengan orang-orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Pelajari cara mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

4. Perhatikan penampilanmu. Mulailah memperhatikan penampilan kamu terutama saat keluar dari rumah. Penampilan yang baik dan maksimal dapat membantu kamu meningkatkan rasa percaya diri.

5. Bila ada yang lebih dari kamu, baik secara kemampuan maupun berbagai hal. Artinya bukan kamu lebih buruk dari orang itu. Melainkan kamu juga punya kesempatan yang sama untuk bisa menjadi yang terbaik. Tentunya sesuaikan dengan minat dan bakatmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *