Wahai Orangtua, Ini 4 Aplikasi Android untuk Awasi Anak Anda

aplikasi lacak anak

Saat ini menjaga anak dari kejahatan seperti penculikan memang sebuah keharusan. Sebab, peristiwa ini sering terjadi sehingga orangtua harus benar-benar ekstra ketat dalam mengawasi anak-anaknya.

Untuk mengawasi dan mengontrol anak, terutama bagi yang belum dewasa atau anak di bawah umur, kini orangtua bisa melakukannya tanpa harus menguntit seharian penuh. Sebab, banyak aplikasi yang bisa mengawasi anak melalui ponsel.

Aplikasi tersebut memiliki kemampuan yang berbeda-beda tergantung fitur yang tersedia. Namun pada intinya, aplikasi pengawas anak itu mampu melacak dan bahkan menyadap ponsel anak.

Tentu melacak dan menyadap ponsel anak, terutama di bawah umur, terbilang sah-sah saja demi keamanan mereka. Meski memang hal itu harus mendapat izin juga dari anak tersebut agar ke depannya praktik itu berjalan lancar dan anak benar-benar bisa terlindungi.

Namun jika melacak, menyadap atau memata-matai ponsel orang lain tentu bisa berurusan dengan hukum jika tanpa izin yang bersangkutan. Jadi jika Anda ingin melacak atau memata-matai ponsel orang lain dengan aplikasi terlebih dahulu harus mendapat izin yang bersangkutan. Namun pertanyaannya, apakah dia mau ponselnya disadap? Sepertinya tidak mungkin mau.

Namun demikian, seperti yang diulas tadi bahwa melacak atau menyadap ponsel anak di bawah umur adalah penting bagi orangtua demi menjaga keamanan dan kenyamanan buah hati.

Nah, untuk melakukan hal itu, berikut 4 aplikasi android di ponsel untuk mengawasi anak yang layak Anda pakai wahai para orangtua.

1. Google Family Link

Google Family Link merupakan aplikasi pemantau ponsel anak yang sering dipakai para orangtua. Agar proses pemantauan bejalan baik, baik ponsel orangtua maupun anak harus mengunduh aplikasi Google Family Link ini lalu keduanya saling dihubungkan.

2. Find My Kids

Aplikasi ini memang yang paling cocok bagi orangtua dalam mengontrol dan mengawasi keberadaan anak. Aplikasi ini terbilang populer di Play Store. Aplikasi ini bisa melacak keberadaan anak melalui GPS yang dihubungkan dari ponsel orangtua ke anak. Bahkan, orangtua bisa mengunduh aplikasi ini dan memantau pergerakan anak melalui jam tangan.

3. Find My Device

Find My Device juga bisa dipakai untuk memantau anak dari kejauhan. Awalnya, aplikasi ini berguna untuk mencari ponsel yang hilang dengan melacaknya dengan bantuan Google.

Namun pada perkembangan selanjutnya, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk melacak keberadaan anak melalui tracking jejak ponselnya.

4. Find My Mobile Samsung

Samsung juga memiliki aplikasi untuk menemukan perangkat seperti Google. Cara kerjanya pun kurang lebih sama.

Aplikasi ini untuk menemukan ponsel dengan membuka akses lokasi perangkat. Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengontrol dan mengawasi anak dari kejauhan melalui pencarian lokasi keberadaan perangkat si buah hati.

Demikian deretan aplikasi untuk orangtua agar bisa menjaga dan melindungi anak dari kejahatan. Orangtua bisa memantau keberadaan anak melalui perangkat baik ponsel maupun jam tangan cerdas (smart watch). Bahkan dari laptop atau komputer pun bisa.

You May Also Like

About the Author: Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *