Waspada, Pesan WhatsApp di iPhone Rentan Dibobol Hacker

Diposting pada 89 views

Waspada bagi para pengguna WhatsApp di iPhone karena pesan yang masuk rentan dibobol hacker.

Sebab, pesan WhatsApp yang disimpan di iCloud bisa dibaca oleh hacker karena tak terenkripsi end–t-end.

Bahkan, informasi kemungkinan bocornya pesan WhatsApp sudah disampaikan oleh WhatsApp sendiri dalam halaman FAQ.

Namun demikian, sebuah pembaharuan segera muncul untuk memperbaiki kerentanan ini. Forbes via PhoneArena melaporkan bahwa sudah ada WhatsApp iOS versi beta. Di dalamnya tercakup sebuah perubahan yang “memungkinkan enkripsi peracakapan yang disimpan di iCloud, termasuk file media”. Fitur ini terdapat dalam pengaturan di aplikasi WhatsApp.

Namun fitur itu baru muncul pada WhatsApp iOS versi beta. Jika WhatsApp versi penuh yang memuat fitur enkripsi itu sudah tersedia di iOS, maka baik hacker, otoritas bahkan Apple sendiri tidak akan bisa membaca pesan teks terenkripsi.

Pada dasarnya, pembaharuan tersebut akan memperluas enkripsi end-to-end yang tersedia dari WhatsApp ke pesan yang disimpan di iCloud. Pada saat yang bersamaan, WhatsApp juga sedang membuat proteksi untuk backups percakapannya di Android.

Sebenarnya, pesan WhatsApp yang tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end itu juga terjadi di Android. Pesan WA yang disimpan di Google Drive rentan dibobol hacker. Bahkan WhatsApp sendiri nyatanya memang rentan diretas.

Namun kabar baiknya, fitur baru kemungkinan bisa tersedia WhatsApp Android versi beta 2.20.73. Fitur itu disebut “Perlindungan Backup” yang makanya masih perlu banyak penjelasan.

Perlu diektahui bersama bahwa jika fitur perlindungan percakapan belum tersedia di WhatsApp baik untuk Android maupun iOS, maka data percakapan itu rentan diretas hacker. Memang kejadian itu belum ada buktinya, namun setidaknya hal ini menjadi bentuk peringatan bagi pengguna WhatsApp untuk tetap waspada.

Cara lindungi data pesan WhatsApp

Ada cara sementara bagi pengguna WhatsApp untuk melindungi data percakapan yang disimpan di iCloud, yakni dengan tambahan dukungan untuk kode QR. Fitur ini memungkinkan para pengguna menciptakan kode QR sendiri untuk dibagikan ke relasi atau kerabat.

Fitur kode QR personal itu terdapat di WhatsApp versi beta 2.20.60.27 untuk iOS. Kabarnya, versi beta untuk Android juga bakal segera tersedia.

Perlu diketahui bahwa versi beta ini belum bisa diakses untuk semua pengguna WhatsApp, baru kalangan tertentu dan itu biasanya para pengembang.

Fitur kode QR di WA versi beta untuk iOS ini menawarkan kemungkinan untuk melakukan enkripsi atau perlindungan riwayat percakapan yang disimpan di iCloud. Pengguna bisa membuat kode QR sendiri untuk dibagikan kepada teman, kerabat ataupun keluarga sehingga akun WhatsApp dia bisa mudah ditemukan oleh mereka.

Salah satu kelebihan dari kode QR personal itu adalah mudah direset atau atur ulang ketika pengguna memberikannya kepada orang yang salah. Pengguna bisa membuat lagi kode QR untuk dibagikan kepada teman, kerabat atau kolega.

Perlu dicatat bahwa ketika pengguna membagikan kode QR, itu artinya dia juga sudah memberikan nomor ponsel untuk WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *