WeChat Ternyata Tidak Membosankan

Aplikasi chatting di mobile saat ini jumlahnya cukup banyak. Ada Blackberry Messenger, WhatsApp, Line, KakaoTalk, WeChat dan lainnya. 

Namun di antara aplikasi chatting tadi, WeChat yang terbukti tidak membosankan. Kenapa?

WeChat merupakan aplikasi chatting yang terpadu dengan media sosial. Artinya, aplikasi ini selain untuk mengobrol dengan sesama pemilik ID WeChat yang kita kenal, juga bisa mencari kenalan baru. Ada beberapa fitur yang bisa dijadikan media mencari kenalan baru dengan masing-masing memiliki cara kerja berbeda.

Pertama adalah nearby. Sebelumnya fitur ini disebut Look Around. Mungkin pengembang mengganti nama Look Around menjadi Nearby dan fungsinya sama, yakni mencari kenalan teman WeChat yang sedang online. Fitur ini terdapat di menu teman dengan logo gambar orang berdua.

Ketika fitur ini diklik, weChat akan mendeteksi pengguna WeChat hingga 3 kilometer. Pencarian ID pengguna WeChat ini melalui aplikasi Map. Nanti akan tertera siapa saja pengguna WeChat yang sedang online, termasuk jarak lokasinya dan jenis kelaminnya. Misalnya ada yang berjarak 100 meter, 200 meter hingga 3 kilometer. Ketika Anda hanya ingin mencari teman WeChat perempuan, bisa juga difilter dengan mengklik menu atau kalau di BlackBerry, tombol berlogo Blackberry lalu klik Female.

Nearby dikhususkan hanya untuk mendeteksi pengguna WeChat jarak dekat. Bagaimana dengan jarak jauh? Ada fitur khusus lain, yakni Shake. Bagi ponsel Android, fitur ini bekerja hanya dengan menggoyangkan ponsel. Sementara di BlackBerry pijit tombol Shake, nanti akan muncul pengguna weChat yang pernah melakukan aksi serupa. Rata-rata pengguna WeChat yang muncul melalui fitur Shake adalah senegara, tetapi terkadang di luar negara juga ada.

Fitur lain yang tak kalah menarik dari WeChat adalah Send Messege on The Bottle. Fitur ini mencari teman dengan melempar atau menangkap botol-botol yang berisi pesan dari pengguna wechat seluruh dunia. Fitur ini bisa juga menjadi media mencari kenalan baru.

Sementara karakter media sosial dari WeChat adalah adanya fitur Moment. Mirip media sosial Facebook atau Instagram, fitur Moment merupakan sarana berbagi foto. Anda bisa mengomentari foto-foto yang dibagikan teman Anda sesama pengguna weChat.

Bukan hanya itu, ada fitur lainnya yakni Post. Ini mirip dengan update status di Facebook, Twitter atau media sosial lainnya. Anda bisa update status dan dikomentari oleh teman Anda, serta sebaliknya.

Kedua fitur yang disebutkan tadi memang terdapat pula di aplikasi chatting lainnya seperti whatSapp, BBM, Line dan lainnya. Hanya untuk fitur teman rupanya jarang ada. Bahkan di BBM dan WhatsApp fitur pencarian teman baru sama sekali tidak ada. Dan inilah yang membedakan weChat dengan kedua aplikasi chat tadi. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa WeChat ternyata aplikasi chatting yang tidak membosankan.

You May Also Like

About the Author: Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *