WhatsApp Akan Jadi Alat Pembayaran, Contohnya di Negara Ini

WhatsApp kini menjadi salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia dengan jumlah pengguna aktif mencapai 1 miliar lebih. Namun apakah kesuksesan itu dicapai karena sudah diakuisisi oleh Facebook atau tidak, itu masih dalam perdebatan. Namun jumlah pengguna aktif WhatsApp tadi sudah benar adanya.

Kini, Facebook berusaha mengembangkan WhatsApp bukan hanya sekadar alat komunikasi, tetapi juga metode pembayaran. Baru-baru ini WhatsApp mengumumkan menjadi alat pembayaran di Brazil.

Untuk bisa menjadikan WhatsApp menjadi alat pembayaran harus memenuhi beberapa aturan. Pertama kamu harus memiliki rekening bank lokal. Facebook sendiri sudah memiliki tiga bank di luar Brazil dan kemungkinan bisa menambah banyak lagi mitra bank lainnya.

Kemudian transaksi harus memerlukan PIN 6 digit angka atau sidik jari sehingga penggunanya tidak khawatir rekeningnya dibobol ketika ponselnya hilang atau dicuri. Tentu saja penggunanya jangan menyimpan PIN di ponsel.

Sebenarnya, media sosial semacam WhatsApp menjadi alat pembayaran bukan suatu hal yang mengejutkan. Di China, sudah lama media sosial Weibo digunakan untuk berbagai jenis pelayanan, termasuk untuk pembayaran. Hal ini menggantikan alat pemabyaran tradisional seperti uang tunai atau kartu kredit.

Selain itu, WeChat juga dipakai mayoritas warga China untuk membayar pembelian. Bahkan, penjual eceran yang mangkal di pinggir jalnan pun sudah menerima pembayaran via WeChat.

Namun upaya Facebook menjadikan WhatsApp menjadi alat pembayaran cukup berat. Sebab, perlu diketahui bersama bahwa kebanyakan pengguna Facebook meragukan keamanan informasi finansial mereka karena track record Facebook yang sungguh memprihatinkan. Diketahui bersama Facebook tidak bisa melindungi informasi penggunanya setelah beredar tentang kebocoran data pengguna Facebook.

Namun jika Facebook mampu membuktikan bahwa informasi finasial penggunanya benar-benar aman dan terlindungi, maka bisa dipastikan bahwa WhatsApp menjadi alat pembayaran akan benar-benar berhasil. Kita tunggu saja.

You May Also Like

About the Author: Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *